by

4 Dampak Buruk Sering Pakai Sheet mask bagi Kesehatan Kulit

Bagikan

Mypalabuhanratu.com – Sebaiknya Anda tidak terlalu sering memakai sheet mask karena memiliki dampak buruk bagi  kesehatan kulit. Bahkan, keseringat menggunakan sheet mask dapat membuat kulit rusak.

Sheet mask yang berupa masker lembaran sekali pakai memang kian disukai beauty enthusiast. Klaimnya, masker ini bermanfaat melembapkan, mengecilkan pori-pori, hingga menenangkan kulit berjerawat.

Melansir dari Healthshots, sayangnya masker ini juga punya efek buruk pada kesehatan kulit. Hal ini dinyatakan oleh dokter kulit terkenal dan pendiri Klinik Dermatologi Dokter Nivedita Dadu.

“Jika Anda punya masalah kulit, selalu tanyakan pendapat dokter kulit sebelum mengaplikasikan masker wajah. Memakai masker wajah dalam waktu yang sangat lama dapat menyebabkan pembentukan keriput, kulit kendur dan pori-pori terbuka membesar,” ungkap Dokter Dadu.

Dokter Dadu juga menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan masker karena dapat membuat Anda kering dan gatal. Berikut adalah efek masker wajah khususnya sheet mask pada kulit:

1. Jerawat

Kalau seseorang rentan berjerawat, mereka mungkin mengalami peningkatan jerawat saat memakai sheet mask. Hal ini bisa karena masker menjebak bakteri penyebab jerawat dan sebum di kulit, menyebabkan komedo, dan peradangan jerawat.

Jerawat bisa terjadi akibat kontak gesekan, terutama dengan penggunaan sheet mask berlebihan atau karena kelembapan berlebih. Mengganti jenis masker dapat membantu mengurangi gesekan atau kelembapan.

2. Rosacea

Efek lainnya adalah rosecea, yakni kondisi kemerahan dan benjolan kecil di wajah.

“Panas di bawah masker dapat menyebabkan kapiler kulit membesar yang dapat memperburuk rosacea. Mengenakan sheet mask bisa meningkatkan suhu kulit sehingga rentan terhadap rosacea dapat berkobar,” kata Dokter Dadu.

“Ganti dengan masker yang terasa lebih sejuk kalau memungkinkan dan kurangi paparan panas pada kulit wajah lainnya, seperti cairan panas, alkohol, dan makanan pedas,” katanya.

3. Kulit Kering

Beberapa masker wajah rupanya malah bisa menyerap kelembapan alami di wajah Anda sehingga mengakibatkan masalah kulit kering.

4. Dermatitis

Orang yang memakai sheet mask setiap hari bisa mengalami ruam yang disebut dermatitis kontak. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah reaksi iritan atau alergi terhadap masker.

Gejala utama dermatitis kontak antara lain ruam gatal, kulit kering atau bersisik, benjolan, lepuh, bengkak hingga terbakar.

Sumber : ayobandung.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru