by

Benih Lobster, Potensi Penghasilan Terbesar Bagi Nelayan Di Cisolok

Bagikan

Mypalabuhanratu – Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI sudah melegalkan ekspor benur (benih lobster) beberapa waktu yang lalu.

Kebijakan tersebut sangat disambut baik oleh para nelayan di Kampung Pajagan Desa Cikahuripan Kecamatan Cisolok Sukabumi.

Menurut Kepala Desa Cikahuripan, Heri Suryana, sebelum dilegalkan masyarakat nelayan rata-rata melaut untuk mencari benur atau benih lobster.

“Sebelum ada kelonggaran legalitas dari Menteri Kelautan, masyarakat nelayan disini sudah mencari dan menjual benur, dan itu sangat berdampak bagi peningkatan taraf hidup nelayan sekaligus masyarakat disini,” ujar Heri Suryana saat ditemui mypalabuhanratu.com, Rabu (15/07/2020).

Sekali musim, lanjut Jaro Midun sapaan akrab Heri Suryana, para nelayan tersebut bisa memberangkatkan umroh keluarganya, itu sebelum dilegalkan.

“Bukan hanya bagi nelayan saja, saat musim panen benur pedagang warung disinipun meningkat penghasilannya,” tambahnya.

Harapan besar Jaro Midun, Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, sebagai kepanjangan dari Kementrian, dapat segera memfasilitasi para nelayan.

“Semoga Dinas terkait segera memfasilitasi para nelayan dengan pelatihan budidaya beserta peralatan yang dibutuhkannya, sehingga potensi benur ini bisa dimaksimalkan,” pungkasnya.

Tim mypalabuhanratu.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya