by

Ini Keterangan Syahbandar Palabuhanratu, Terkait Foto Kapal Karam Di Perairan Cisolok Sukabumi

Bagikan

Mypalabuhanratu.com – Misteri penampakan kapal karam di perairan pantai Cikembang, Desa Pasirbaru Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi belum juga terungkap.

Untuk memastikan mengenai informasi penampakan kapal karam tersebut, Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Syahbandar Palabuhanratu, Fattah Yasin langsung mengunjungi Pantai Cikembang sebagai lokasi terdekat dari kapal karam tersebut, Minggu (21/06/2020).

Kunjungan Fattah ke Pantai Cikembang adalah untuk mencari informasi dari masyarakat nelayan terkait kapal karam di perairan Cikembang.

“Kita masih memastikan informasinya, tadi sudah menggali informasi dari warga nelayan yang sehari-harinya melaut diwilayah ini, apakah mereka mengetahui keberadaan kapal karam tersebut atau tidak,” ujarnya.

Fattah melanjutkan “Kalau dilihat dari gambar google maps, kapal itu bisa dikatakan cukup besar, jadi kalau karam dalam kurun waktu sekarang-sekarang ini pasti Se – Indonesia akan tau,”

Fattah menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI Angkatan Laut dan akan dilakukan pengecekan langsung bersama dengan Pusat Hidrogafi dan Oceanografi TNI AL (Pushidrosal), untuk melaksanakan operasi penyelaman ke objek Kapal Karam tersebut.

“Sore ini kita akan bahas kembali, dan besok kalau jadi akan dilakukan penyelaman di lokasi kapal karam tersebut,” jelasnya.

Menurut Fattah, dugaan sementara Kapal Karam bukanlah jenis kapal baru, kalau memang penampakan itu benar mungkin itu kapal yang sudah lama karam, tetapi kalau itu kerangka kapal lama dari TNI AL pasti sudah memberikan tanda.

“Hasil koordinasi dengan TNI AL, kalau kerangka kapal lama pasti ada tanda, sedangkan ini belum ada tanda, itu yang harus diteliti lebih lanjut,” imbuhnya.

Fattah juga menjelaskan, apabila nanti bangkai kapal itu bisa menghalangi lalu lintas pelayaran baik kapal besar atau nelayan, pasti akan di pindahkan, tetapi apabila tidak menghalangi akan dibiarkan tetap dilokasi semula.

Tim mypalabuhanratu.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya