by

Menikmati Lezatnya Kuliner Martabak Favorite Bangka Palabuhanratu

Bagikan

Mypalabuhanratu.com – Martabak manis khas Bangka merupakan makanan yang umum ada di Indonesia, rasa yang manis serta daging martabak yang tebal dan kenyal menjadi ciri khas yang membedakan martabak Bangka dengan martabak lainnya.

Kata “Bangka” seolah-olah menjadi jaminan rasa bagi para pedagang makanan yang satu ini, bagaimana tidak, para penikmat kuliner dipastikan percaya akan kualitas cita rasa martabak “Bangka” tersebut.

Nah, di Kota Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi para pedagang martabak manis khas Bangka biasanya mulai buka pada sore hingga malam hari, salah satunya Martabak Favorite Bangka yang cukup dikenal oleh warga Palabuhanratu.

Saat mypalabuhanratu.com datang di kios Martabak Favorite Bangka yang berada di Jalan Siliwangi , tepatnya depan Kantor Telkom Palabuhanratu (eks bengkel Walagri), Sabtu malam (30/05/2020), pelayannya dengan ramah melayani, sejumlah pembeli lain pun terlihat sabar antri menunggu pesanan martabaknya selesai, rata-rata mereka membeli dengan cara takeaway atau untuk dibawa pulang.

Berbagai jenis martabak manis dan martabak telor tertera dalam rincian menu yang bisa anda pilih, harganya pun bervariatif, dari mulai Rp 20.000 an sampai dengan Rp 40.000 an tergantung selera dan pilihan rasa yang dipilih, pokoknya cukup ringan disaku.

Terlihat dengan cekatan para pelayan membuat adonan lalu dimasukan ke dalam cetakan, kemudian memanggangnya sampai benar-benar matang sempurna, dan saat diangkat terlihat daging martabak yang tebal dengan harum yang memikat rasa untuk segera menyantapnya selagi hangat.

Sambil menunggu pesanan jadi, mypalabuhanratu.com menyempatkan melihat proses pembuatan martabak sambil berbicang dengan Solihin (50) yang merupakan pemilik dari Martabak Favorite Bangka tersebut.

Solihin dengan santai menceritakan awal ia berjualan martabak di Palabuhanratu, rupanya ia bukan berasal dari daerah Bangka, melainkan asli orang Kota Tegal Provinsi Jawa Tengah, ia mulai merintis jualan martabak di Palabuhanratu sejak tahun 1995.

“Kalau mulai jualan martabak tahun 1995, pertama kali dagang di Citepus, kemudian pindah di depan Pasar Palabuhanratu, awalnya sih hanya martabak telor saja, tapi kesini-kesini saya coba jualan martabak manis meski sempat 3 kali jatuh bangun merintisnya,” ungkapnya sambil menyeka keringat di dahi dengan handuknya.

Meski diawal merintis jualan martabak manis itu banyak mengalami pengalaman pahit, Solihin menyadari waktu itu Palabuhanratu belum berkembang pesat seperti sekarang ini, dimana percepatan pembangunan di Palabuhanratu di semua sektor termasuk sektor pariwisata yang begitu pesat, dirasakan sangat mempengaruhi perputaran perekonomian di Palabuhanratu.

“Kalau dulu Palabuhanratu belum seramai sekarang, dulu saya masih jualan dipinggir jalan, sekarang Alhamdulillah bisa ngontrak disini,” sambil menunjukan tempatnya berjualan.

Bagi Anda para pengunjung yang datang ke Palabuhanratu, mungkin Martabak Favorite Bangka Walagri ini bisa menjadi referensi untuk Anda menjajal citarasa kuliner di Palabuhanratu.

Tim mypalabuhanratu.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Anaknya solifet nih yg matanya rabun sering di kasih gratis klo diem dri magrib smpe mau tutup pasti d kasih

Berita Lainnya